Kamis, 07 Januari 2010

PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENENTU NILAI KOMPENSATOR KAPASITIF PADA DAYA 1300VA

Semakin banyaknya peralatan listrik yang beredar dipasaran untuk peralatan bantu manusia mengakibatkan permintaan daya listrik semakin meningkat. Selain itu peralatan-peralatan listrik tersebut biasanya menggunakan motor atau transformator pada sistem kerjanya. Hal itu mengakibatkan adanya faktor daya yang dapat meningkatkan arus pada sistem jala-jala meningkat.
Perbaikan faktor daya untuk meningkatkan efisiensi arus listrik sangat diperlukan. Namun langkah yang harus dikerjakan sangat sulit dan memerlukan analisa perhitungan yang rumit. Tidak semua orang, terutama operator lapangan yang sanggup menyelesaikan perhitungan-perhitungan ini. Karena itu diperlukan cara praktis untuk menyelesaikannya.
Mikrokontroler mempunyai fungsi-fungsi aritmatik yang dapat digunakan untuk menghitung fungsi-fungsi matematika. Maka jika persamaan-persamaan untuk mencari nilai kompensator (terutama kapasitor) tersebut diprogramkan ke dalam chip mikrokontroler, maka beberapa kesulitan dapat diatasi dengan mudah. Selain digunakan untuk menghitung mikrokontroler ini juga dapat diprogram untuk menampilkan hasil pengukuran besaran-besaran listrik lainnya. Hasil perhitungan dengan alat ini cukup baik dengan persentase kesalahan mencapai 2% hingga 5%.
Kata kunci: Power Faktor, kapasitor, kompensator, mikrokontroler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar