Kamis, 07 Januari 2010

ANALISIS PERFORMANSI MOTOR INDUKSI SATU FASA DENGAN PERBANDINGAN SUPLAI DAYA V/f KONSTAN PADA BLOWER

Motor induksi satu fasa dengan perbandingan suplai daya V/f konstan dapat dilakukan dengan pengaturan frekuensi jala-jala yang masuk ke kumparan stator melalui suatu rangkaian converter-inverter. Dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan dapat dihasilkan torsi yang besar dengan putaran yang kecil. Putaran yang kecil hanya membutuhkan daya masukan yang kecil. Sehingga untuk menghasilkan torsi yang besar untuk menggerakkan beban cukup dengan memberikan daya masukan yang kecil dan penghematan energi listrik dapat dilakukan.
Tugas akhir ini akan menganalisis secara teoritis performansi motor induksi satu fasa untuk aplikasi blower dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan. Motor induksi satu fasa yang digunakan adalah jenis motor kapasitor permanen untuk menjalankan daya horse power fraksional dari blower. Melalui simulasi komputer yang dilaksanakan dapat dihitung performansi motor induksi satu fasa seperti efisiensi dan torsi motor terhadap putaran dengan perbandingan V/f yang konstan. Oleh karena itu penulis menggunakan program Matlab untuk dapat melakukan perhitungan dan penggambaran secara akurat karakteristik dari motor induksi satu fasa tersebut. Sehingga diharapkan hasilnya dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengaturan kecepatan motor induksi satu fasa pada aplikasi blower.

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG PENULISAN
Motor induksi satu fasa adalah motor induksi yang beroperasi pada sumber arus bolak balik satu fasa. Motor induksi satu fasa umumnya mempunyai rotor sangkar. Motor induksi satu fasa ini tidak mampu melakukan pengasutan sendiri (self starting), oleh karena itu motor ini membutuhkan peralatan bantu untuk menghasilkan momen putar awal, sehingga motor dapat berjalan secara kontinu.
Motor induksi satu fasa yang digunakan untuk aplikasi blower adalah jenis motor kapasitor permanen. Motor kapasitor permanen mempunyai kapasitor yang secara permanen dihubungkan seri dengan belitan bantu dan paralel dengan belitan utama. Belitan bantu untuk pengasutan awal motor tetap terhubung dengan belitan utama ketika motor berjalan.
Motor kapasitor permanen dengan perbandingan suplai daya V/f konstan dapat dilakukan dengan pengaturan frekuensi jala-jala yang masuk ke kumparan stator melalui suatu rangkaian inverter. Dengan pengaturan frekuensi jala-jala ini dapat menghasilkan torsi yang besar dengan putaran yang kecil. Putaran yang kecil hanya membutuhkan daya masukan yang kecil. Sehingga untuk menghasilkan torsi yang besar untuk menggerakkan beban cukup dengan memberikan daya masukan yang kecil dan penghematan energi listrik dapat dilakukan.
Pada penulisan tugas akhir ini akan dianalisis performansi dari motor kapasitor permanen dengan merubah-ubah tegangan dan frekuensi masukan dengan perbandingan yang konstan, sehingga diperoleh karakteristik performansi motor kapasitor permanen dengan perbandingan suplai daya V/f konstan.

I.2 TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN
Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalisis performansi arus, daya, efisiensi, torsi dan kecepatan motor induksi satu fasa yang dipakai untuk aplikasi blower dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan dengan menggunakan program Matlab.
Manfaat penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh karakteristik motor kapasitor permanen pada blower, yaitu karakteristik torsi, daya, arus, faktor daya dan efisiensi motor terhadap kecepatan dengan perbandingan suplai daya V/f konstan. Selain itu diharapkan hasilnya dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengaturan kecepatan motor induksi satu fasa.

I.3 BATASAN MASALAH
Untuk menghindari pembahasan yang meluas maka penulis akan membatasi pembahasan tugas akhir ini. Adapun yang menjadi batasan masalah adalah sebagai berikut :
1.Motor induksi satu fasa yang digunakan pada blower adalah motor kapasitor permanen.
2.Pembahasan dititik beratkan pada motor kapasitor permanen dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan.
3.Tidak membahas secara rinci peralatan elektronika daya.
4.Sofware Matlab yang dipakai dalam tulisan ini hanya digunakan umtuk membantu perhitungan performansi motor kapasitor permanen.
5.Hanya membahas performansi motor kapasitor permanen pada blower di bawah frekuensi ratingnya.

I.4 METODE PENULISAN
Metode penulisan yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah :
a.Studi Literatur
Berupa penelaahan terhadap buku-buku dan jurnal-jurnal referensi yang berhubungan dengan penulisan.
b. Diskusi
Berupa konsultasi dan bimbingan dari dosen pembimbing dan rekan-rekan mahasiswa.
c. Analisis melalui komputer
Melakukan perhitungan performansi motor induksi satu fasa pada blower dengan menggunakan program Matlab.

I.5 SISTEMATIKA PENULISAN
Materi pembahasan dalam tugas akhir ini diurutkan dalam lima bab yang diuraikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, batasan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisan dari tugas akhir.

BAB II MOTOR INDUKSI SATU FASA
Bab ini membahas motor induksi satu fasa, konstruksi umum, prinsip kerja, jenis-jenis motor induksi satu fasa, pengujian motor, aplikasi motor induksi satu fasa pada blower, rangkaian ekivalen motor kapasitor permanen, dan perhitungan performansi motor kapasitor permanen.

BAB III MOTOR INDUKSI SATU FASA DENGAN PERBANDINGAN SUPLAI DAYA V/f KONSTAN
Bab ini akan dibahas kondisi motor induksi satu fasa pada blower dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan.

BAB IV ANALISIS PERFORMANSI MOTOR INDUKSI SATU FASA DENGAN PERBANDINGAN SUPLAI DAYA V/f KONSTAN PADA BLOWER
Pada bab ini akan menganalisis performansi dan penggambaran karakteristik motor kapasitor permanen pada pada blower dengan perbandingan suplai daya V/f konstan dengan menggunakan program Matlab.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan bagian penutup yang berupa kesimpulan dari hasil analisa dan saran yang mungkin bermanfaat dalam pembahasan performansi motor induksi satu fasa pada blower dengan perbandingan suplai daya V/f yang konstan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar